Syarat Legalisir Dokumen Ijazah untuk Kuliah S2 di China

Jika Anda merupakan calon mahasiswa S2 di salah satu perguruan tinggi yang ada di China, maka tentunya perlu untuk melegalisir dokumen ijazah dan dokumen pendidikan lainnya. Legalisir Kedutaan China ini merupakan salah satu syarat yang perlu Anda penuhi jika ingin kuliah di China

Syarat Legalisir Ijazah untuk Kuliah S2 di China

Sesuai dengan peraturan yang sudah dikeluarkan mulai tanggal 1 Maret 2016 dari pemerintahan China. Maka semua dokumen yang akan digunakan untuk berbagai keperluan harus diabsahkan terlebih dahulu, salah satunya adalah legalisir ijazah untuk kebutuhan kuliah. Nah, berikut ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan dalam legalisir ijazah.

Dokumen hanya Dikeluarkan oleh Instansi Pemerintah Indonesia

Dikarenakan kedutaan besar yang dimaksud adalah kedutaan besar yang ada di Indonesia. Maka, kedutaan besar maupun konsulat jenderal negara China yang ada di Indonesia pun hanya boleh menerima dokumen yang berasal dari Indonesia saja.

Selain dokumen dari Indonesia, kedutaan China tidak akan memberikan pengesahannya. Dokumen tersebut juga harus dikeluarkan hanya dari instansi dari pemerintahan Indonesia saja. Selain itu, dokumen ijazah dari perguruan tinggi ini juga harus sudah disahkan secara resmi oleh Kementerian Hukum dan HAM, serta Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Dokumen Tidak Melanggar Hukum China

Dokumen yang dikirimkan dan akan diberikan cap legal oleh Kedutaan China harus bukanlah dokumen yang melanggar hukum China. Dalam dokumen yang akan dikirimkan juga tidak boleh berisi kepentingan dengan tujuan untuk melanggar hukum dari Pemerintah China, baik secara tersirat maupun tersurat.

Selain itu, ada juga peraturan tentang kepenulisan nama negara dalam dokumen yang akan Anda kirimkan. Penulisan negara China tidak diperkenankan untuk ditulis dengan Cina. Selain itu, dalam dokumen tersebut juga tidak boleh ada pernyataan yang menerangkan bahwa Tairan, Macau maupun Hongkong merupakan sebuah negara.

Untuk penulisannya sendiri, misalnya Hongkong, maka hanya boleh dituliskan sebagai Hongkong China. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan politik di negara China sendiri.

Panduan Pengurusan Legalisir Ijazah untuk Kuliah S2 di China

Setelah Anda yakin bahwa semua dokumen sudah memenuhi syarat yang berlaku, maka Anda hanya perlu mengikuti panduan pengurusan legalisir ijazah sebagai berikut ini.

  1. Siapkan dokumen ijazah perguruan tinggi yang akan dilegalisir. Upayakan untuk memastikan bahwa ijazah tersebut memang berasal dari perguruan tinggi yang ada di Indonesia.
  2. Mengisi formulir pengajuan legalisir ijazah perguruan tinggi dengan mengunduhnya melalui website resmi dari Kedutaan Besar China. Silahkan Anda isi secara manual dengan beberapa kolom yang harus Anda isi secara lengkap.
  3. Membawa dokumen pelengkap atau dokumen pendukung untuk memenuhi proses legalisir dari Kementerian Hukum dan HAM, serta Kementerian Luar Negeri Indonesia.
  4. Jika semua hal sudah selesai, maka Anda tinggal membayarkan biaya sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Kedutaan Besar China.

Bagi Anda yang akan melanjutkan pendidikan S2 dan butuh legalisir ijazah, maka bisa menggunakan Biro Jasa Pembuatan Visa dari PT. Jangkar Global Groups.

PT. Jangkar Global Groups ini merupakan perusahaan nasional dan bergerak di bidang jasa yang sudah teruji berpengalaman untuk menyelesaikan permasalahan legalisasi dokumen. Selain itu, PT. Jangkar Global Groups ini juga menyediakan jasa Penerjemah Tersumpah yang tentunya sangat profesional.