Menguak Formula Rahasia Strategi Digital Marketing

Banyak perusahaan yang tertarik pada digital marketing dan mengetahui bagaimana formula menciptakan strategi digital marketing yang efektif bagi bisnis.

Formulasi strategi atau perumusan strategi (strategy formulation) adalah tugas memilih strategi yang mendukung terciptanya keunggulan yang kompetitif. Semua perusahaan tentu mau menggunakan digital marketing sebagai salah satu kanal pemasaran mereka dengan baik. 

Tapi sekarang bagaimana cara membuat strategi yang tepat? Simak penjelasannya berikut ini!

Faktor yang Berperan Penting dalam Kesuksesan Digital Marketing

Ada banyak formula kesuksesan yang dibagikan di dunia luar, tapi kali ini hanya fokus ke hal esensial saja. Di sini tidak akan membahas hal-hal teknis yang melelahkan.

Membahas digital marketing memang tidak akan ada habisnya. Banyak perusahaan tertarik pada digital marketing, namun tidak sedikit dari mereka yang hanya “memindahkan” kegiatan sales mereka dari traditional marketing ke dunia digital. 

Tentu hal tersebut merupakan hal yang sangat berbeda. Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Belakangan ini semua hal tersebut tentu saja sering Anda lihat. 

Lalu, sepenting apakah sebuah digital marketing diterapkan dalam bisnis? Anda bisa mengetahuinya dengan mengikuti kelas digital marketing sehingga Anda dapat memahami kegiatan sales yang digali dengan keberadaan teknologi masa kini dan memulai membangun sebuah bisnis secara digital. 

Berikut faktor yang berperan penting dalam kesuksesan digital marketing:

1. Pahami Audiens Anda

Pertama, pahami apa yang dicari audiens adalah kunci kesuksesan utama. Dengan memahami apa yang dicari oleh audiens, Anda bisa memberikan informasi dan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Strategi digital apapun, mulai dari social media sampai digital ads, wajib memahami siapa audiens yang akan dijangkau. 

Umumnya perusahaan hanya fokus membahas dirinya sendiri (misalnya, fokus membahas apa kelebihan mereka atau mengapa audiens harus berinteraksi dengan akun perusahaan) tanpa mempedulikan apa masalah yang dihadapi.

Banyak perusahaan yang berusaha menerapkan konsep komunikasi dalam strategi digital marketing mereka, tapi mereka tidak mempertimbangkan masalah yang dihadapi oleh audiens.

2. Kemas Konten dengan Pesan yang Efektif

Kemas konten yang Anda berikan dengan efektif. Sesuaikan topik pembahasan dengan solusi yang ditawarkan, dan jangan keluar dari jalur. Misalnya jika bisnis Anda membahas tentang ponsel, maka pastikan konten yang Anda berikan hanya membahas dunia ponsel.

Pastikan jangan membuat pesan yang terlalu banyak, karena pesan yang terlalu banyak tidak akan membuat pelanggan semakin tertarik, dan sebaliknya pesan yang terlalu sedikit akan membuat pelanggan kurang memahami apa yang Anda tawarkan.

Sesuaikan Penyajian Konten Setiap kanal pemasaran memiliki segmentasi dan peruntukannya sendiri-sendiri. Pastikan juga konten mengandung CTA (Call To Action) yang sesuai dengan topik pembahasan. 

Umumnya, para digital strategis menggunakan CTA yang mengandung kata-kata yang mempengaruhi audiens untuk melakukan pembelian. Anda tentu bisa menggunakan CTA yang sesuai dengan goal Anda sendiri.

3. Jangan Hanya Bicara Solusi, Tawarkan Produk

Banyak yang merekomendasikan bisnis untuk menyajikan solusi yang unik dari bisnis itu sendiri, dibandingkan dengan fokus menjual produk. 

Salah satu alasan yang paling populer adalah karena solusi yang diberikan oleh perusahaan satu dengan yang lain belum tentu sama. Meskipun sama, kualitasnya juga pasti berbeda.

Karena itu selalu tonjolkan solusi yang Anda berikan dari strategi pemasaran yang Anda lakukan. Jika Anda berfokus pada produk, maka kompetitor bisa saja menyajikan produk yang serupa dengan harga yang lebih murah. 

Anda berpotensi terlibat dalam praktik “perang harga” yang nantinya akan menggerus nilai keuntungan yang Anda dapatkan.

Mengapa Strategi Digital Marketing Penting?

Memiliki strategi sama pentingnya dengan memiliki rencana untuk mencapai tujuan apa pun. Ini sepenuhnya mengoptimalkan implementasi alur kerja, memungkinkan keefektifan tinggi sambil mengabaikan berbagai area untuk meninjau analitik data dan menindaklanjutinya.

Hal ini membuka jalan bagi peningkatan berkelanjutan dalam berbagai strategi pemasaran digital mulai dari pemasaran pencarian (SEO / SEM), pemasaran email & pemasaran media sosial untuk membangun tujuan bisnis Anda, mendapatkan pelanggan baru, dan membangun lebih dalam hubungan dengan yang sudah ada.

Bisnis Anda juga membutuhkan strategi pemasaran yang kompetitif dan berkelanjutan untuk menjangkau dan mengonversi lebih banyak pelanggan sambil mengintegrasikan berbagai saluran pemasaran digital.

Mengikuti training digital marketing adalah solusi yang tepat untuk memenuhi hal tersebut. Seiring bisnis terus mengadopsi transformasi digital sehingga memiliki strategi pemasaran digital baik yang sangat penting untuk kesuksesan bisnis.