Insatagram Engagement

Aplikasi Instagram sangat sering dipakai oleh masyarakat khususnya anak muda. Aplikasi yang telah menjadi tempat untuk berbagi foto, video bahkan sampai karya mereka dengan berbagai macam fitur yang ada didalamnya. Instagram juga dapat digunakan orang menjual barang-barang dan mempromosikan sebuah jasa ataupun hanya sekedar membagikan informasi kepada orang lain.

Ketika  menyebarkan postingan, kita dapat melihat seberapa banyak instagram engagement rate yang ada di postingan tersebut. Hal ini memberikan informasi seberapa orang sangat tertarik dengan konten yang sudah kita buat. Tapi apa itu Sebenarnya engagement rate?

Dikutip dari Hopperhq, engagement rate merupakan metrik dasar yang dipakai dalam pemasaran media sosial guna mengukur kinerja sebuah konten pada sebuah platform media sosial, terutama di Instagram dan Facebook. Gampangnya engagement rate merupakan metriks seberapa aktif pengikut dari sebuah akun, dapat diamati dari like, comment, save, serta share di sebuah postingan. Engagement rate merupakan faktor yang penting untuk para konten kreator dan digital marketing.

Kenapa engagement rate itu sangat penting untuk konten kreator dan digital marketing? Engagement rate dapat menjadi tolak ukur keberhasilan suatu konten yang tentunya akurat. Sebab tidak hanya melihat dari jumlah like dari sebuah postingan, tetapi juga menggabungkan like, comment, save, dan share. Sehingga engagement rate dapat menjadi tolak ukur seberapa aktif audiens dengan konten yang ada.

Untuk pemasaran iklan wajib juga melihat seberapa banyak interaksi audiens terhadap sebuah akun sehingga sesuai untuk menjual barang atau jasa terhadap sebuah akun. Namun engagement rate yang tinggi, belum menjadi isyarat baik untuk memasarkan iklan. Apakah iklan kita sudah cocok dengan konten yang sudah ada pada akun yang nantinya akan dipasangi iklan? Hal ini juga menjadi tolak ukur berhasilnya pemasaran.

Bagaimana metode untuk melihat engagement rate? Like, comment, save, dan share memang sangatlah penting untuk melihat seberapa besar engagement rate pada akun kita. Perhitungan engagement rate yang dapat dilakukan berdasarkan postingan dapat diipakai apabila media sosial kamu memiliki angka reach post yang cukup fluktuatif. Dengan melakukan pembagian menggunakan angka followes, maka nilai engagement rate nantinya dapat lebih stabil. Namun, perhitungan ini tidak dapat memengaruhi nilai engagement rate pada viral post yang memiliki reach yang lebih tinggi, sebab rumus yang dipakai yaitu

[ER = Total engagements on a post / Total followers x 100], kita juga dapat memakai kalkulator engagement rate yang tersebar di internet seperti phlanx

Setelah Anda mempunyai tingkat interaksi, Anda bisa mulai menganalisis serta memahami apa arti angka itu sebenarnya dan apakah hasilnya baik atau buruk. Di bawah ini  contoh pedoman standar industri sehingga Anda bisa membandingkan hasil:

Kurang dari 1% = tingkat keterlibatan rendah

Antara 1% dan 5% = rata-rata/tingkat keterlibatan yang baik

Antara 6% keatas = tingkat keterlibatan tinggi

Simpelnya,  bagi standar industri, tingkat interaksi di Instagram antara 1% dan 5% umumnya cukup baik, itu merupakan rata-rata yang dilihat dari profil influencer. Apabila tingkat interaksi lebih tinggi dari 5%, bisa jadi pengikut aktif pada akun tersebut sudah terlalu sedikit, dan apabila di bawah 1%, dapat dipastikan pengikut yang aktif terlalu banyak.