Bagaimana Upaya Pelestarian Lingkungan?

Kita sebagai manusia bukan hanya memiliki tanggung jawab pada diri sendiri namun juga lingkungan sekitar yang kita tempati. Upaya pelestasian lingkungan penting dilakukan oleh setiap individu sehingga lingkungan yang bersih dan asri juga nantinya akan memberikan dampak positif kepada diri kita sendiri.

Cara Melestarikan Lingkungan

Pelestarian lingkungan bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari hal-hal yang kecil dan tentunya menjadi hal yang sering lalai dan diabaikan oleh banyak orang.

1. Tidak membuang sampah di sungai

Membuang sampah ke sungai atau bahkan ke lantai dapat menyumbat, menghalangi atau meratakan aliran sungai yang merupakan salah satu penyebab utama banjir dan kematian ikan serta korban manusia.

2. Tidak membakar sampah

Pembakaran sampah dapat melepaskan gas yang menipiskan lapisan ozon yang berfungsi mengontrol jumlah atau fraksi sinar ultraviolet yang mencapai permukaan bumi, melindungi bumi dari sinar ultraviolet langsung yang mengenai permukaan bumi, menyerap sinar ultraviolet, menjaga kestabilan suhu bumi, dan melindungi permukaan bumi dari benda-benda yang jatuh.

3. Menghemat energi

Terbuat dari bahan baku daur ulang, produk baru ini dapat menghemat energi sebanyak yang dikonsumsi selama proses pembuatan. Hal ini tentu berbeda dengan produk baru yang lebih dulu diproduksi dengan konsumsi energi material baru yang jauh lebih tinggi.

4. Menggunakan produk daur ulang

Daur ulang terdiri dari pemilahan, pengumpulan, pengolahan, pendistribusian dan produksi produk/bahan bekas sebagai bentuk strategi pengelolaan sampah dan merupakan komponen utama dari pengelolaan sampah modern dan bagian ketiga dari proses hirarki sampah 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace).

5. Menanam pohon

Upaya pelestasian lingkungan ini dilakukan untuk mencegah keausan rumah warga yang ambruk dan mengalir ke sungai. Abrasi merupakan proses pengikisan pantai yang disebabkan oleh kekuatan gelombang dan arus yang merusak. Abrasi ini biasa disebut dengan erosi pantai.

6. Melarang perburuan liar

Perburuan liar adalah aktivitas ilegal hewan dan tumbuhan liar yang tidak mematuhi peraturan perlindungan dan pengelolaan satwa liar. Perburuan liar ini merupakan pelanggaran terhadap peraturan dan hukum perburuan.

Program Olah Limbah Jadi Berkah

Selain beberapa kegiatan di atas, contoh kegiatan lainnya juga dilakukan oleh kolaborasi antara Nestlé Indonesia, Hivos, dan Yayasan Rumah Energi yang menghasilkan program Olah Limbah Jadi Berkah. Program tersebut meliputi pembangunan kubah biogas untuk digunakan oleh peternak di Jawa Timur. Pasalnya, peternak dapat mengubah kotoran ternak menjadi gas metana hanya dengan memasukkan kotoran ternak ke dalam kubah.

Gas ini dapat digunakan untuk kebutuhan memasak dan juga untuk produksi listrik sehari-hari. Sejak 2010, program kerjasama upaya pelestasian lingkungan ini telah membangun lebih dari 8.400 kubah biogas dan telah mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 2,6 juta ton karbon dioksida per tahun.

Upaya pelestarian lingkungan bisa dilakukan oleh siapa saja dengan cara yang mudah dilakukan sehari-hari.