Bagaimana Mesin Pengemas Blister Berguna?

Kemasan blister adalah bentuk kemasan plastik dan digunakan dalam industri farmasi dan barang konsumsi. Mesin kemasan blister semakin banyak digunakan di daerah ini dan ada banyak jenis kemasan blister yang tersedia di pasaran.

Industri farmasi

Dalam industri farmasi, mesin kemasan blister digunakan sebagai kemasan dosis unit. Tablet, tablet hisap, dan kapsul dikemas menggunakan sistem pengemasan dosis satuan. Kemasan blister ini tidak hanya memberikan penghalang tetapi juga membantu melindungi umur simpan produk ini. Jenis kemasan ini menawarkan sejumlah ketahanan tamper. Di AS, semua sampel dokter dan obat bebas menggunakan kemasan blister. Kemasan blister juga lebih dikenal dengan nama Push-Through-Pack di beberapa negara tertentu di seluruh dunia. Kemasan blister memastikan beberapa tingkat keaslian dan integritas produk.

Bagaimana Mereka Bekerja?

Kemasan blister menggunakan proses form-fill-seal, di mana ada gulungan film atau lembaran datar yang diisi produk farmasi. Paket tersebut kemudian disegel menggunakan mesin yang sama yang disebut sebagai blisterline. Ini kemudian dikirim dari perusahaan farmasi ke distributor. Ini adalah salah satu cara untuk memastikan keamanan dan keaslian produk.

Barang konsumsi

Mesin pengemas blister juga digunakan secara luas di industri barang konsumsi. Jenis kemasan ini digunakan di banyak barang konsumsi seperti mainan, pena, barang listrik dan elektronik, perangkat keras, dan banyak produk lainnya. Jenis kemasan ini sangat berguna karena konsumen dapat melihat dengan jelas apa yang ada di dalamnya dan melihat produk tanpa harus membuka atau mengutak-atiknya. Itu disegel di unit manufaktur dan karenanya tetap tahan kerusakan. Cangkang plastik yang dibentuk vakum ditempatkan di sekitar cetakan dan karenanya produk dapat dengan pas masuk ke dalam kemasan. Ini terdiri dari kartu karton di satu sisi dan plastik pra-bentuk di sisi lain.

Bentuk kemasan lainnya dikenal kemasan makanan ringan sebagai clamshell, yang merupakan sistem pengemasan yang lebih aman. Ini sangat berguna dalam pengemasan barang elektronik. Ini terdiri dari 2 lembar plastik pra-bentuk yang menyatu bersama di tepinya. Ini dirancang sedemikian rupa untuk mencegah gangguan dan ini adalah cara terbaik untuk mengemas item dan mencegah duplikasi. Anda akan membutuhkan benda tajam seperti pisau untuk membuka kemasan ini.

Nampan Blister Medis

Ini berbeda dari kemasan blister Jasa Cetak Kemasan farmasi karena bukan kemasan push-through. Di sini, plastik yang lebih tebal digunakan dan ini membentuk baki padat. Ada fitur peel open dan umumnya digunakan untuk mengemas alat kesehatan yang digunakan di rumah sakit.

Mesin pengemasan blister memiliki banyak kegunaan di semua bidang manufaktur ini dan memastikan bahwa produk tersebut tahan terhadap kerusakan sampai batas tertentu. Ada berbagai metode yang digunakan selama pembuatan seperti pembentukan dingin dan thermoforming. Bahkan bahan yang digunakan dalam kemasan blister pun bisa bermacam-macam.