Anda Ingin Tahu Apa itu Fintech Indonesia? Ini Penjelasannya!

Teknologi akan selalu mengalami perubahan dan perkembangan dengan adanya inovasi-inovasi baru. Tentu Anda sering mendengar istilah Fintech. Namun, apakah Anda sudah tahu Apa itu Fintech Indonesia?

Fintech yang ada saat ini semuanya harus mengikuti peraturan dari lembaga Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu, OJK dapat memberikan jaminan kepada masyarakat kalau fintech yang akan digunakan sudah aman dan sudah memiliki izin usaha juga terlindungi dari hukum.

Tapi, sampai saat ini masih ada masyarakat yang belum paham dan mengerti dengan kehadiran financial technology (fintech) yang ada saat ini. Tidak sedikit dari masyarakat yang mengenal fintech adalah platform pinjaman dana melalui sistem elektronik.

Padahal kenyataannya tidak demikian, karena fintech yang terdaftar di OJK ada banyak sekali jenisnya. Nah, penasaran bukan dengan dunia fintech itu seperti apa? Yuk, simak ulasan menarik mengenai fintech di bawah ini sampai selesai yah!

Ingin Tahu Apa Itu Fintech Indonesia?

Sekarang kita bahas Apa Itu Fintech Indonesia? Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendefinisikan fintech (Financial Technology) sebagai inovasi yang dapat ditemukan pada industri jasa keuangan dengan menggunakan teknologi. Produk fintech ini merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk melaksanakan mekanisme transaksi keuangan yang spesifik secara digital.

Fintech Indonesia telah memiliki Asosiasi sendiri yang dinamakan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), yang didirikan sejak tahun 2016. Lembaga ini menjadi wadah bagi para penyelenggara fintech untuk dapat bekerja sama dengan berbagai pihak yang berkepentingan. Hal tersebut bertujuan untuk mendorong inovasi dan memperkuat daya saing industri ini secara nasional.

Asosiasi ini secara rutin akan menginisiasi berbagai macam riset, kemudian mengelola, menganalisa, dan membahas setiap pertumbuhan dan perkembangan fintech tersebut. Setelah itu akan dilihat dan dipelajari dampaknya terhadap masyarakat. Ini artinya, Asosiasi akan selalu memantau penggunaan dan manfaat fintech ini di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Anggota-anggota dari Fintech Indonesia tersebut, diantaranya GoPay, OVO, Bangku, ShoppeePay, Link Aja, Dana, Midtrans, Jari, AsiaPay, dan banyak lainnya. Setelah kita membahas tentang apa itu fintech Indonesia, hati-hati dan bijaklah dalam memilih Fintech yang sesuai dengan kebutuhan Anda.