Standar Kertas Untuk Cover Buku

Setiap buku yang dicetak biasanya memiliki sampul di bagian depan dan belakang. Jenis kertas yang digunakan pun berbeda dibandingkan dengan kertas untuk isi buku tersebut dan biasanya memiliki gramasi lebih tebal. Standar kertas untuk cover buku penting diketahui sebagai referensi.

Kertas Untuk Cover Buku

Ada banyak jenis kertas yang tersedia di jasa cetak buku, khususnya di bagian cover atau sampul. Baik kertas impor maupun lokal dengan karakter licin, bertekstur, halus, dan lainnya. Terkait standar kertas yang sering digunakan untuk cover, berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Art Paper

Art paper memiliki permukaan yang mengkilap dengan ketebalan 150 – 180 gsm sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai sampul atau cover buku. Untuk jenis kertas ini sendiri biasanya lebih sering digunakan untuk sampul majalah karena dinilai tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

Pori-porinya yang rapat dengan hasil cetakan terlihat elegan menjadi salah satu keunggulan dari jenis kertas ini. Apalagi jika ditambah dengan laminasi glossy, maka kesan mewah dan eksklusif akan semakin kentara.

2. Art Carton

Jenis kertas kedua yang sering digunakan sebagai sampul untuk buku seperti novel, materi pelajaran, dan lainnya adalah art carton. Kertas ini memiliki ketebalan 210 – 300 gsm sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai sampul bagian depan dan belakang.

Dengan ketebalan tersebut, sangat bagus untuk dipilih sebagai sampul karena dapat melindung bagian isi dari buku tersebut. Apalagi jika ditambah dengan finishing laminasi glossy maupun doff sehingga lebih aman dari goresan, resiko sobek, dan cipratan air.

3. Matte Paper

Kertas lain yang bisa dijadikan opsi untuk sampul atau cover buku adalah matte paper. Jika art paper adalah versi mengkilapnya, maka matte paper adalah versi yang lebih redup. Untuk ketebalannya sendiri sama dengan art paper yakni 150 – 180 gsm sehingga mumpuni digunakan sebagai cover.

Dengan mengetahui standar kertas untuk cover buku tersebut, maka lebih mudah bagi Anda dalam menentukan jenis kertas apa yang paling sesuai dengan kebutuhan dokumen yang akan dicetak.