KANDUNGAN GIZI DAN MANFAAT MENTIMUN BAGI KESEHATAN

mentimunTimun atau mentimun yang dalam nama ilmiahnya Cucumis sativus L adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung air. Timun ini adalah jenis buah-buahan yang tergolong dalam suku Labu-labuan (Cucurbitacea) dan sering dihidangkan sebagai sayuran ataupun makanan penyegar. Secara ilmiah, Mentimun dikategorikan sebagai buah karena memiliki lapisan paling luar atau kulit (Exocarp), Lapisan tengah yang biasanya disebut dengan daging buah (Mesocarp), lapisan yang membungkus biji (Endocarp) dan Biji itu sendiri.

Buah Mentimun atau Ketimun ini dapat dimakan segar tanpa harus melalui proses pemanasan (masak) atau diolah menjadi Jus. Mentimun diyakini berasal dari Asia Selatan, namun telah banyak dibudidayakan diberbagai negara di dunia ini. Timun biasanya tumbuh di area dataran tinggi dengan suhu sekitar 21 hingga 27 derajat celcius. Walaupun demikian, banyak juga tanaman timun yang mampu bertahan dan tumbuh di daratan rendah. Bagi masyarakat, timun memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, wajah dan juga mata.

Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Mentimun mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Juga mengandung kalsium,  zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Bahkan, biji mentimun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

Selain itu, biji mentimun juga diyakini mampu meredakan radang tenggorokan. Caranya, cukup dengan mencampurkan biji mentimun dengan sedikit garam dan dikumur selama beberapa kali sehari.

Selain beberapa manfaat mentimun seperti di atas, berikut ini adalah beberapa manfaat mentimun lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

  1. Mengatasi Bengkak Di Sekitar Mata

Manfaat mentimun yang paling umum diketahui masyarakat adalah kemampuannya mengatasi mata bengkak. Mata bengkak karena tidur terlalu larut atau mata lelah akibat bekerja di depan komputer terlalu lama. Caranya, iris tipis mentimun dan taruhlah di kedua mata, lakukan sambil berbaring selama 15 menit.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Buah mentimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium  dan memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga manfaat timun mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh.

Cara mendapatkan manfaat mentimun ini mudah saja, yakni dengan mengonsumsi air perasan buah mentimun segar. Lakukan cara ini setiap hari, sampai lambung terbiasa menerima cairan mentimun.

  1. Membantu Tubuh Tetap Terhidrasi

Manfaat mentimun lainnya adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Mentimun mengandung 95,2 persen air, yang berarti bahwa 5 ons porsi mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. Itu artinya sudah sekitar 26 persen asupan air harian Anda terpenuhi oleh timun.

Jika Anda bosan dengan air putih, Anda juga bisa memasukan potongan mentimun ke dalam botol minum Anda seperti membuat infused water. Dengan begitu, rasa tambahan dari mentimun membuat Anda untuk meminum air putih lebih banyak.

  1. Melindungi Tulang

Mentimun merupakan sumber vitamin K yang baik. Satu cangkir mentimun mengandung 22 persen dari asupan harian yang disarankan untuk vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang, karena asupan vitamin K yang rendah telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium di tulang.

  1. Mencegah Sembelit

Mentimun mengandung banyak air dan kulit mentimun mengandung serat yang tidak larut. Baik air dan serat dalam mentimun dapat membantu makanan dicerna lebih cepat dan lebih muda, yang pada akhirnya membantu mencegah terjadinya sembelit.

Nah, itulah manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh. Untuk kalian yang ingin mendapatkan buah yang segar dengan harga terjangkau, anda bisa segera berkunjung di platform TaniHub Anda bisa melakukan pembelian di platform ini secara online tanpa harus keluar rumah.

Selain buah, TaniHub juga menyediakan beragam produk lainnya yang bisa anda pilih sendiri sesuai selera. Anda tinggal pilih sendiri beragam keperluan anda melalui platform ini. Selanjutnya tunggu pesanan yang akan diantar sampai ke alamat yang dituju. Mudah bukan?

Tak hanya mudah, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub