Inilah Jenis-Jenis Tomat yang Baik Bagi Kesehatan

Tomat umum digunakan sebagai bahan campuran dalam berbagai masakan, untuk menambah cita rasa masam dan juga umami alami. Jadi sebenarnya dengan menambahkan tomat dalam masakan tak perlu lagi ditambah dengan micin atau penyedap. Karena secara alami ia sudah menghasilkan cita rasa yang gurih. Tomat sendiri di Indonesia ada begitu banyak jenisnya, hal ini yang membedakan antara ukuran, warna sampai dengan rasa dari tomat itu sendiri.

Jenis-Jenis Tomat yang Bagus Untuk Kesehatan

Dari sekian banyak jenis tomat yang ada, mungkin juga sudah sering Anda konsumsi, maka berikut ini diantaranya yang kaya akan kandungan gizi dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan, yaitu:

  1. Tomat sayur, diantaranya yang cukup populer di Indonesia adalah tomat TW, produk tomat sayur lokal yang satu ini memiliki warna yang merah dan ukuran terbilang besar. Bahkan tomat TW ini juga banyak diekspor ke luar negeri. Ia kerap dijadikan sebagai bahan tambah dalam sebuah masakan, karena memiliki tekstur yang lembut.
  2. Tomat apel, bentuknya yang mirip seperti apel membuat tomat yang satu ini dinamakan sebagai tomat apel. Memiliki tekstur yang padat, berbeda dengan tomat sayur, maka jenis yang satu ini lebih cocok untuk dijadikan sebagai jus, karena ukurannya besar, kaya akan kandungan air dan juga rasanya yang cenderung manis.
  3. Tomat lonjong, beberapa menyebutnya sebagai tomat gendut karena memiliki bentuk lonjong. Ia termasuk dalam jenis yang mudah untuk ditemukan di pasaran, meskipun ukurannya kecil, namun dari segi daging buahnya sendiri tergolong tebal dan bisa bertahan lama.
  4. Tomat hijau, karena dipanen ketika masih muda maka warnanya hijau, ia juga memiliki cita rasa yang cenderung masam dan mengandung sedikit air.
  5. Tomat ceri, memiliki ukuran yang kecil seperti buah ceri, tomat ini punya rasa manis dan juga kandungan air yang tinggi, paling sering dijadikan sebagai bahan pembuatan salad.

Tips Mengolah Tomat yang Benar

Dalam mengolah sayur ini ada banyak hal yang patut diperhatikan, yaitu:

  1. Pastikan mencucinya terlebih dahulu dan membuang bagian batangnya.
  2. Untuk tambahan sambal maka tomat TW bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda.
  3. Membuat salad sayur dapat ditambahkan dengan tomat ceri.
  4. Tomat hijau pilihan yang tepat untuk campuran garang asem ataupun makanan dengan cita rasa asam.
  5. Tak perlu waktu yang dalam memasak tomat, sehingga teksturnya juga tidak akan terlalu benyek.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan

Serangkaian manfaat tomat juga bisa Anda rasakan untuk kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Mencegah penyakit diabetes melitus, sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi buah ini bisa menurunkan resiko terkena diabetes melitus tipe 2.
  2. Dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  3. Mengurangi resiko terkena penyakit kanker prostat.
  4. Mencegah stroke, hal ini dikarenakan tomat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  5. Membantu menjaga kesehatan kulit, kandungan antioksidannya yang tinggi memiliki efek menangkal radikal bebas.

Buah-buahan dan juga sayur segar kini bisa dibeli secara online, tentunya tanpa harus takut nantinya barang akan rusak di tengah jalan. Yaitu dengan membelinya lewat aplikasi dari TaniHub, dimana memang pilihan produknya lengkap dan kesegarannya terjaga, karena didapatkan secara langsung dari para petani yang baru panen. TaniHub sendiri secara khusus memang bekerjasama dengan para petani lokal untuk menjual produk-produk hasil panen mereka.