Deretan Lagu Dangdut Lawas yang Masih Enak Didengar Ulang

Penuh Perjuangan, Pedangdut Nella Kharisma Rilis Single Terbaru 'Ono Liyane' Saat Hamil | Indozone.id

Lagu-lagu dangdut tahun 60-an hingga 90-an entah mengapa begitu enak didengar hingga masa kini. Lirik yang sederhana begitu pula dengan aransemen yang kuat sisi dangdutnya. Kekuatan utama lagu-lagu dangdut lawas ada pada vokal yang menawan dengan cengkok khas dangdut yang kuat.

8 Playlist Lagu Dangdut Lawas

Meski banyak lagu-lagu baru yang dirilis penyanyi-penyanyi dangdut yang lebih muda, beberapa lagu dangdut berikut tetap lebih enak didengar. Seolah tidak lekang oleh waktu, berikut playlist lagu dangdut lawas:

  1. Sekuntum Mawar Merah (Elvy Sukaesih)

Pertama ada lagu dari perempuan bergelar Rati Dangdut, Elvy Sukaesih berjudul Sekuntum Mawar Merah. Nama Elvy mulain naik daun ketika menjjadi penyanyi pendamping Rhoma Irama dalam Orkes Melayu. Lagu Sekuntum Mawar Merah sendiri bercerita tentang kebahagiaan seorang perempuan setelah menerima mawar merah dark seorang pria. Bunga tersebut sebagai pertambangan rasa cintanya.

  1. Mati Aku (Rita Sugiarto)

Berikutnya ada lagu berjudul Mati Aku dari Perempuan yang terkenal di tahun 1970-an dan masih kerap tampil di panggung hingga saat ini. Ia adalah Rita Sugiarto yang juga pernah berduet dengan Raja Dangdut Rhoma Irama. Lagu Mati Aku memiliki lirik singkat bercerita tentang sepasang kekasih yang ketahuan berkencan oleh ayahnya.

  1. Jatuh Bangun (Meggy Z)

Lagu dangdut bernuansa melow berjudul Jatuh Bangun dinyanyikan Meggy Z, legenda dangdut yang prestasinya diganjar banyak penghargaan. Lagu tersebut bercerita tentang jatuh bangun perjuangan seseorang dalam mengejar cintanya. Meski beragam usaha telah dilakukan ia tidak juga mendapatkan hati orang yang sangat dicintai.

  1. Anggur Merah (Meggy Z)

Masih lagu dari sang legenda dangdut pemilik belasan Album Solo, yang ini lagu Meggy Z berjudul Anggur Merah. Lagu Anggur Merah memiliki lirik yang panjang sehingga durasinya juga lama. Bercerita kisah patah hati seorang pria atas cinta gadisnya.

  1. Begadang (Rhoma Irama)

Bicara dangdut tentu tidak mungkin tidak menyebut nama Rhoma Irama, sang Raja Dangdut. Ada banyak lagu Rhoma Irama yang melegenda, salah satu yang bahkan masih kerap dinyanyikan saat ini adalah lagu berjudul Begadang. Bukan tentang kisah cinta, lagu ini berisi pesan agar tidak sering begadang karena dapat berdampak buruk pada kesehatan.

  1. Gadis atau Janda (Mansyur S. ft Elvy Sukaesih)

Berikutnya ada lagu duet yang dinyanyikan Mansyur S dan Elvy Sukaesih berjudul Gadis atau Janda. Dinyanyikan serupa dialog secara bergantian dengan lirik yang sedikit nakal dan jenaka. Yang sulit ditiru dari lagi dangdut lawas adalah cengkok melayu yang menonjol.

  1. Kopi Dangdut (Fahmi Sahab)

Alunan musik khas dangdut yang bersemangat dari lagu Kopi Dangdut membuat pendengarnya dibawa bergoyang. Lagu ini hingga kini menjadi andalan diputar dalam beragam acara. Membuat kemeriahan acara yang jadi semakin seru.

  1. Wakuncar (Camelia Malik)

Lagu berjudul Wakuncar dinyanyikan penyanyi perempuan bernama Camelia Malik pada tahun 1981.. Wakuncar sebenarnya adalah akronim dari kalimat Waktu Kunjung Pacar. Bercerita rentang keriangan anak muda ketika akan menemui kekasih hatinya. Nuansa penuh semangat pada aransemen lagu memberi kesan bersemangat pula pada pendengar.

Itulah 8 playlis lagu dangdut lawas yang tetap enak didengar saat ini. Adakah yang masuk playlist Anda saat ini? Bagi yang lahir tahun 2000an mungkin sangat asing dengan lagu di atas, tapi cobalah dengar sekali, setelah itu pasti ingin mendengar lagi.