Bagaimana Meloxicam Membantu Nyeri Sendi?

Apakah Anda menderita sakit kronis? Kamu tidak sendiri. Jutaan orang hidup dengan beberapa bentuk rasa sakit kronis, dan lebih banyak lagi yang sesekali mengalami gejolak yang bisa sama menghancurkannya.

Ada yang mengatakan cara terbaik untuk mengatasi jenis nyeri ini adalah melalui terapi fisik atau pengobatan, tetapi bagaimana jika Anda juga ingin menggunakan obat alami? Ada banyak suplemen berbeda di luar sana yang mengklaim menawarkan bantuan untuk sakit dan nyeri Anda, tetapi mana yang memenuhi janji mereka? Dalam artikel ini kita akan mengeksplorasi Meloxicam, obat yang digunakan dalam pengobatan osteoarthritis dan rheumatoid arthritis, serta menentukan apakah layak dicoba sebagai metode pengobatan alternatif bagi mereka yang menderita nyeri kronis.

Bagaimana Meloxicam Bekerja?

Meloxicam mampu meredakan nyeri sendi dan otot karena termasuk dalam golongan obat yang dikenal sebagai obat antiinflamasi nonsteroid, atau NSAID. Jika Anda akrab dengan acetaminophen, ibuprofen, atau pereda nyeri OTC lainnya, maka Anda sudah akrab dengan NSAID. Meloxicam adalah jenis NSAID yang dikenal sebagai inhibitor COX, yaitu memblokir enzim siklooksigenase-2 (COX-2), yang bertanggung jawab untuk pembentukan senyawa yang disebut prostaglandin yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Meloxicam mengurangi peradangan dengan membatasi produksi prostaglandin, sehingga mengurangi rasa sakit.

Berapa Banyak Meloxicam yang Harus Saya Konsumsi?

Orang yang berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal pengobatan. Apa yang berhasil untuk Anda mungkin tidak bekerja untuk orang lain, inilah sebabnya mengapa dokter biasanya meresepkan obat berdasarkan apa yang paling cocok untuk setiap pasien daripada pendekatan “satu ukuran cocok untuk semua”.

Dosis untuk orang dewasa dengan osteoartritis adalah 7,5 miligram (mg) sebanyak 1 kali sehari, dengan dosis maksimum 15 mg per hari, diberikan secara oral. Untuk orang dewasa dengan rheumatoid arthritis, dosis awal adalah 15 mg sebanyak 1 kali sehari. Ikuti dosis sesuai dengan anjuran dokter Anda.

Biaya Meloxicam bervariasi tergantung pada apotek dan dosisnya. Jika Anda memerlukan resep, dokter Anda akan meresepkan jumlah yang cukup untuk kebutuhan Anda. Harga Meloxicam 15 mg cukup terjangkau untuk merk generik. Namun, harga Meloxicam dengan merk paten jauh lebih mahak dibandingkan dengan merk generik.

Apa Efek Sampingnya?

Meloxicam telah dikaitkan dengan efek samping yang mungkin terjadi termasuk mual, sakit perut, mulas, diare, sembelit, sakit kepala, pusing, dan insomnia. Beberapa pengguna juga melaporkan masalah yang lebih serius seperti kebingungan atau halusinasi. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini setelah mengonsumsi Meloxicam, Anda harus menghubungi dokter Anda sesegera mungkin.

Apakah Meloxicam Memiliki Interaksi dengan Obat Lain?

Jika digunakan bersama dengan jenis pengencer darah yang dikenal sebagai warfarin, Meloxicam dapat meningkatkan efek warfarin pada sistem Anda, sehingga meningkatkan risiko pendarahan. Dokter Anda akan dengan hati-hati memantau waktu protrombin Anda, yang mengukur seberapa cepat darah Anda membeku.

Pastikan untuk memberi tahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat atau suplemen lain sebelum mencoba Meloxicam karena dapat mengganggu cara kerjanya di tubuh Anda. Ini dapat membantu mencegah interaksi berbahaya atau efek samping yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda.