6 Tips Memilih Tempat Tidur Bertingkat untuk Anak yang Minimalis

SVÄRTA rangka tempat tidur tingkat, warna perak, 90x200 cm | IKEA Indonesia

Seiring bertambahnya usia anak, menyediakan kamar sendiri menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun dalam perjalanannya, keterbatasan ruang rumah menjadi kendala yang sering ditemui, baik dari segi keberadaan maupun ukuran ruangannya.

Untuk menyiasati keterbatasan ruang, menggunakan ranjang susun minimalis bisa menjadi pilihan yang ideal. Nah, sebelum Anda membelinya ada baiknya untuk menyimak tips memilih tempat tidur anak minimalis di bawah ini!

 

  1. Sesuaikan dengan Ukuran tubuh Anak

Sebelum Anda membeli kasur rumah anak, pastikan ukurannya sesuai dengan tinggi dan berat badan anak Anda. Si Kecil akan merasa tidak nyaman dan kurang tidur di kasur yang terlalu kecil dan sempit.

Tempat tidur yang terlalu besar mungkin bukan pilihan yang tepat untuk Anak yang aktif, tetapi mereka juga tidak ingin duduk diam. Ini berbahaya karena dapat menyebabkan mereka jatuh dari kasur.

 

  1. Pertimbangkan Desain yang Tepat

Rasa ingin tahu adalah naluri yang dimiliki semua anak, mulai dari bayi hingga remaja. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak memilih tempat tidur anak yang terlalu mencolok atau dengan bentuk yang tidak biasa.

Misalnya seperti kasur berbentuk mobil. Kasur ini mungkin terlihat bagus dan membuat anak-anak tidak bosan di dalam kamar, tetapi membuat mereka ingin terus bermain.

 

  1. Pilih Kasur dengan Busa Berkualitas dan Empuk

Tingkat kekencangan atau kelembutan kasur di tempat tidur harus dipertimbangkan. Seperti yang sudah kita ketahui, baik buruknya pertumbuhan seorang anak ditentukan oleh jumlah jam mereka tidur di malam hari.

Kasur yang terlalu keras tidak baik untuk tulang belakang, bahkan banyak orang tua yang tidak mengetahui bahwa anaknya menderita skoliosis karenanya. Namun, bukan berarti kasur yang keras bisa meningkatkan penyakit tulang, Anda cukup memilih kasur yang paling empuk di dunia.

 

  1. Pilih Tempat Tidur Terkualitas yang Awet

Tips selanjutnya dalam memilih tempat tidur anak minimalis adalah dengan memperhatikan daya tahan kasur. Anda harus mempertimbangkan ini tidak hanya untuk kenyamanannya tetapi juga untuk menghemat pengeluaran Anda di masa depan.

Tempat tidur adalah salah satu perabot yang digunakan setiap hari dan sebagian besar digunakan hingga usia lanjut.

 

  1. Pilih Rangka Tempat Tidur yang Kokoh

Pilih tempat tidur yang kokoh, yaitu jangan membeli tempat tidur aluminium atau logam. Kasur yang terbuat dari bahan-bahan di atas cenderung lebih cepat berkarat, sehingga tempat tidur susun anak-anak dapat berantakan setelah beberapa saat saat digunakan.

Pilih tempat tidur susun yang terbuat dari kayu atau baja tebal, sesuaikan ukuran dan penyangganya dengan tinggi dan berat badan anak Anda. Pilih ranjang susun dengan ruang yang cukup di antara keduanya agar anak yang tidur di kasur bawah tidak merasa sempit.

 

  1. Pilih Tempat Tidur dengan Sudut yang Aman

Saat memilih tempat tidur anak, jangan lupakan keselamatan karena kebanyakan anak tidak bisa duduk diam saat mereka tidur. Tubuh mereka, terutama kaki dan tangan mereka, mungkin terlempar dan mengenai sisi atau ujung tempat tidur.

Untuk mengurangi risiko, lebih baik memilih tempat tidur tanpa sisi, sudut atau tepi kasur yang tajam atau keras. Sayang sekali ketika melihat anak Anda terbangun di malam hari hanya karena kakinya membentur sudut kasur yang tajam.