5 Fakta Asli Dari Film Troy

 

Bagi yang belum tahu, Troy adalah sebuah film yang menceritakan peperangan antara Yunani dan suatu daerah bernama Troya. Film ini sering muncul pada Big Movies di GTV.

Film ini memanglah film yang sangat menarik, namun terdapat beberapa detail yang sedikit diubah dari aslinya. Berikut merupakan 5 fakta asli dari film Troy.

1. Lamanya perang Troya

Pada kisah, peperangan antara Troya melawan Yunani bermula ketika salah satu pangeran Troya membawa Helen, pangeran tersebut bernama Paris. Helen sendiri merupakan istri dari Menelaus yang merupakan Raja Sparta. Helen dan Paris pun kawin lari, Agamemnon yang merupakan kakak dari Menelaus bergerak untuk membawa kembali istri adiknya ke Yunani.

Hingga pada akhirnya, 1000 armada kapal pun terbentuk dengan beberapa nama besar seperti Achilles dan Odiseus. Peperangan pun terjadi dan dikenal sebagai Perang Troya, perang tersebut berlangsung selama lebih dari satu dekade.

2. Keberadaan Achilles pada Perang Troya

Dalam Iliad, konflik utamanya adalah Agamemnon dan Achilles, bukan antara Achilles dan Troya. Konflik dimulai ketika Agamemnon menginginkan putri Briseis yang berasal dari Troya, yang merupakan hadiah perang Achilles.

Achilles pun sangat marah dan menyatakan bahwa ia sudah tidak lagi berjuang untuk Agamemnon. Karena berperang tanpa Achilles, pasukan Yunani pun mengalami kekalahan besar (pada film, digambarkan dengan sisa 10.000 pasukan Yunani yang tadinya berjumlah 50.000). Pada film juga diperlihatkan bahwa Achilles ikut dalam strategi kuda Troya, namun Odyssey menyatakan bahwa Achilles sudah mati sebelum kuda Troya masuk.

3. Kematian Paris & Andromache

Paris merupakan adik dari Hector, sedangkan Andromache merupakan istri dari Hector. Pada film diceritakan bahwa setelah membunuh Achilles, Paris membantu Briseis melarikan diri. Namun pada kisah, Paris mati pada Perang Troya.

Pada kisah, Andromache tidak menyaksikan kematian Hector karena para wanita sedang memasak air panas untuk Hector mandi. Pada akhirnya Andromache menjadi budak Neoptolemus yang merupakan anak dari Achilles, dan anak dari Andromache dibunuh agar tidak ada kemungkinan pembalasan denda.

4. Kematian Agamemnon

Pada film Troy, digambarkan bahwa pasukan Yunani berhasil menguasai Troya dan membakar kerajaan tersebut. Agamemnon mengatakan kepada Briseis bahwa ia akan membawanya ke Yunani untuk dijadikan selirnya, setelah itu Briseis menebas kepalanya.

Namun pada sejarah Yunani, Agamemnon berhasil selamat dari Troya dan kembali ke Yunani. Istri dari Agamemnon yaitu Clytemnestra menyapa suaminya dan kemudian membunuhnya, itu karena putri dari Clytemnestra dikorbankan kepada Artemis oleh Agamemnon.

5. Terpecahnya Yunani setelah Perang Troya

Pada awal film Troy, Raja Agamemnon berhasil menyatukan Yunani dengan memenangkan peperangan prajurit terkuat. Namun pada realitanya, Agamemnon tidak menyatukan seluruh Yunani.

Pada zaman perunggu dan besi, mereka melihat pembentukan wilayah namun tidak berkembang sampai zaman archaic.

Tidak ada persatuan yang terjadi pada Yunani sebelum bangkitnya Alexander the Great pada abad ke-4 sebelum Masehi kecuali Liga Delian pada abad ke-5 sebelum masehi.

Itulah 5 fakta asli dari film Troy. Film Troy memang berasal dari perang Troya yang benar-benar terjadi, namun beberapa detail diganti agar film menjadi lebih seru. Hal itu juga bukan berarti film Troy berisi hoax.

Jika kamu ingin menonton film ini, kamu dapat menyaksikannya di Big Movies pada channel GTV karena film ini sering ditayangkan disana. Selain di tv online GTV, kamu juga dapat menyaksikannya pada aplikasi RCTIplus.